3/16/12

Menciptakan UN 2011-2012 yang Jujur

Ketika melaksnakan UN 2011 suah banyak kemajuan yang drastis. Pelaksanaan UN 2011 berjalan dgn baik. Tentang kesuksesan UN 2011 dapat dilihat berdasarkan data aspirasi masyarakat tentang pelaksanaan UN. Penurunan yang drastis terjadi pada jumlah pegaduan masyarakat terhadap kecurangan UN. Untuk sms, terdapat 37 pengaduan dan 34 permohonan informasi, Sedangkan melalui telepon aa 6 pengaduan dan 13 permohonan informasi. Sepertinya, kecurangan dalam pelaksanaan UN ini masih wajar, karena melaksanakan atau menyelenggarakan UN adalah tugas dan tanggung jawab yang besar dan wajar jika ada kesalahan atau kecurangan. 

Agar Ujian Nasional tahun 2012 ini berjalan dengan lancar, dan jujur diperlukan komitmen atau perjanjian dari semua pihak. Harus ada kebersamaan dengan pengurus pendidikan termasuk menyelenggarakan UN tidak bisa sendirian. Artinya, prestasi yang baik harus di capai dengan kejujuran. Apa artinya jika nilai bagus tetapi dicapai dengan proses kecurangan.
Berikut beberapa cara agar Ujian Nasional 2012 berjalan dengan jujur dan lancar:
  • Jangan Depresi:                                                                                                                                    Mengenai Lulus atau Tidak Lulus-nya murid dalam pelaksanaan UN, tidak perlu panik atau depresi. UN (ulangan), dapat menyelamatkan siswa yang tidak lulus. Dan persiapkan mental kita untuk mencapai tujuan. Mempersiapkan diri lebih serius untuk mengikuti Unjian Nasional.
  • Abaikan Kunci Jawaban:                                                                                                                Jika saat pelaksanaan UN dibolehkan membawa telepon genggam (Hanphone), lalu menerima sebah pesan tentang kunci jawaban UN 2012, harap diabaikan. Karena itu belum tentu 100% benar, dan belum tentu sesuai dengan paket soal N yang kita dapat.
  • Percaya Diri:                                                                                                                                    Cukup percaya diri saat melaksanakan UN. Jangan tegang, kalau bisa santai saja. Kalau kia sudah merasa mantap dalam mengerjakan soal-soal UN tersebut, tidak usah lagi tengok kanan-kiri atau meminta jawaban dari teman. Karena sudah pasti bebeda paket. Kerjakan sebisa mungkin, san semaksimal mungkin. Dan usahakan, jangan membawa alat-alat yang membuat guru pengawas menjadi curiga. Karena itu akan mengakibatkan  resiko yang sangat besar. Ininya, cukup percaya diri, sendiri.
Jangan lupa, berdoa sebelum menjawab semua soal Ujian Nasional.

No comments:

Post a Comment

Thanks for reading. Please provide your Questions, Suggestions, and Criticisms about this post.