1/3/13

Charlie Si Jenius Dungu

Catatan Harian Seorang Terbelakang
Charlie, seorang penyapu lantai, terlahir dengan IQ 68 dan selalu jadi bahan olok-olok teman-temannya, hiangga suatu saat eksperimen yang dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan manusia mengubahnya menjadi seorang jenius.

Tapi kemudian, Algernon, seekor tikus yang sebelumnya sukses melalui eksperimen yang sama, mengalami kemunduran kecerdesan secara drastis dan akhirnya mati. Akankahh hal yang sama akan terjadi pada Charlie?
•••

Yang diatas itu adalah sinopsis dari salah satu novel fav gue, judulnya "Charlie Si Jenius Dungu" penulis Daniel Keyes.
Baru-baru ini gue jalan-jalan ke toko buku ternama mau cari-cari novel keren mungkin ada yang baru, terus gue cari-cari nah ketemu deh novel ini. Kemungkinan novel ini itu novel terjemahan, dan ternyata ya novel ini terjual lebih dari 5 juta kopi! dan juga, peraih Hugo Award dan Nebula Award!
Keren banget nggak sih? itu dia yang buat gue tertarik buat baca buku ini. Pasti seru banget...

Charlie Si Jenius Dungu
"Daniel Keyes"

Jadi si charlie ini pria yang berusia 32 tahun. Awalnya gue kira dia ini umurnya 13 tahunan, ternyata nggak. Dia ini terlahir dengan IQ yang kecil banget, malah dibawah rata-rata banget. Tapi kenapa dibilang jenius?? Kalo menurut gue sih karena emang usaha dia, kerja keras dia biar dia nggak diolok-olok lagi jadi dia membuat eksperimen yang untuk membuktikan kejeniusan dia dibalik IQ yang rendah itu. Walaupun gue baru baca beberapa halaman, tapi ini cuma menurut(pendapat) gue aja sih.
Di awal tulisannya itu, dia nulis gini " Jangan heran, ketika anda membaca halaman-halaman awal novel klasik yang unik ini, anda akan menemukan banyak sekali kesalahan penulisan kata. "
Pantesan banget, soalnya dia itu kan nulis buku harian dia selama dia hidup kurang lebih seperti itu. Dia nulis "Laporan Kemajuan 1 tanggal 3 Maret" itu salah, dia malah nulis "Lapran Kemajan 1 tanggal 3 Mart"
agak bingung sih awalanya, kok aneh gini? Nggak cuma itu aja tulisannya, tapi banyak banget kesalahan2 per kata itu. Tapi tunggu dulu, habis itu ada lagi tulisan, dia nulis gini " Kata-kata tersebut bukanlah merupakan salah ketik/cetak, bukan juga karena belum melalui proses penyuntingan.
Biar gue jelasin, jadi gini mungkin. awalnya charlie yg punya IQ rendah ini disuruh dokter untuk menulis buku harian sesuai dengan apa yang dia pikirkan. Dan dia mungkin masih susah untuk menulis kata-kata yang benar dan jelas, jadi begitu. Tapi nggak selamanya charlie seperti itu, dia punya kemajuan yang dia tulis sebagai laporan buku hariannya itu. Kemajuan yang bagus! Semakin kesini charlie bisa menuliskan kata-kata yang benar dan jelas, lalu dia disebut jenius. Kalo mau tau lebih lanjut atau lebih jelas lagi, mending kalian beli  novelnya.


Banyak juga kok yang diluar negeri sana kasih pendapat mereka masing-masing. Contohnya itu " Sebuah buku harian yang menggemparkan..... Dalam buku ini ada beberapa adegan yang akan menghantuiku selamanya."- The News & Observer (Raleigh, NC) 
Bener tuh apa yang dibilang, memang baru aja gue baca sedikit udah seru banget. Gue jadi berasa ikut diperjalanan hidupnya si charlie.
Serunya bener bener asli seru banget novel ini. dan sejujurnya gue sih nggak nyesel beli+baca novel ini.
Jadi, gue rekomendasiin ini novel sebagai novel yang terbaik yang pernah gue baca :)

2 comments:

  1. Datang berkunjung,memenuhi undangan.posting menarik,salam kenal.semangat

    ReplyDelete
  2. terimakasih, salam kenal kembali

    ReplyDelete

Thanks for reading. Please provide your Questions, Suggestions, and Criticisms about this post.